Thursday, September 22, 2011

surat-surat sahabat


Blusuk2 rak buku akhirnya aku menemukan sebuah catatan yang berserakan. Catatan di sebuah kertas buram yang sudah sangat lusuhnya. Ini adalah surat-surat yang aku terima ketika retret bersama dengan teman-teman kampong 14 januari 2007. Sesaat setelah terjadi pertengkaran itu… Dalam situasi hening aku dan beberapa temen-temen diajak untuk bersama melihat segala prosea yang pernah dilewati. Sebuah pertanyaan ;Anda berada dimana?? Menjadi pertanyaan reflektif yang hendak dicari jawabnya. Pada akhir retret aku harus membuat 14 surat untuk teman2ku. Dan aku pun akan menerima 14 surat dari yang lain. Ini beberapa yang masih aku simpan.. ini aku bagikan sebagai sebuah pengalaman…

Surat sahabat dari Liya

He..he..he…. mari kita isi pertemuan kita untuk lebih bermutu ra ming nggosip (kaya omongane romo dek bengi) tapi nggosip yo penting je…. (setuju…..!). Sorry ploek tulisane elek, soale biasa ngetik na computer je hahhahahaahaa

Bersyukur banget semuanya kembali normal dan harapane selanjunya tetep demikian adanya….. dan mari belajar bersama-sama. Sukses aja dan tetep semangat untuk semuane. Proficiat untuk semua. Liya

Pringgodani, 14-01-07

Dear: sahabatku yuli

.

Selamat pagi, Berkah Dalem ….!

Banyak peristiwa yang menggembirakan, menyedihkan, marah, mangkel,kecewa, misuh-misuh, anyel, konyol, bodoh yang kita lalui bersama yang membuat kita tertawa terbahak-bahak bahkan sampai menangis!! Yah.. suatu proses pembelajaran bersama untuk kita.

Sahabat, kamu tuh lucu dan unique yang sering membuat aku terbahak-bahak…!!!kita bagaikan warna-warna yang ada di pastel… 1 warna hilang rasanya sudah tak lengkap lagi, sulit untuk memberikan sebuah keindahan.

Tanpa ada kamu, aku tidak bisa untuk melangkah sampai sejauh ini!! Biarlah pengalaman-pengalaman yang menyedihkandan menyenangkan menjadi proses belajar untuk berkembangnya pribadi kita masing-masing!!mari kita sama-sama belajar…!!

Tengqiu atas semuanya dan maaf ketika aku sering membuatmu marah, mangkel, misuh-misuh, kecewa dan sakit hati!!

Aku gak tahu harus mengatkan apa selain tengkiu untuk semanya. Aku bangga bisa kenal dengan sahabatku ini…!!!

Sukses untuk cita-cita, hidup dan cintamu…selamat berjuang!! Sahabat aku makin mencintai dan menyayangimu…kamu seperti malaikat.. Dengan senyum dan cinta

Ratih bul2…

Hallo mbak apa kabar???kelihatannya kamu kok makin bunder saja hehe..he..he…..

Oya mbak! Trims banget, coz kamu sudah memberikan kepadaku suatu masukan kepadaku sehingga aku dapat bergaul atau melakukan pergaulan yang wajar dalam hidupku. Walau pun itu semua berjalan secara tidak langsung, tapi aku bisa ngrasake’ piye ta rasane urip karo kancane”

Mbak aku punya harapan ke kamu, teruslah ngedukung temen-temenmu dalam mengikuti, menjalani dan merasakan’ pahit manisnya hidup ini.. begitu juga dalam kehidupan kampong!!!okey???

Trims ya mbak atas semuanya. Kalo tanpa kamu mungkin aku tidak bisa seperti ini. GBU(from Bonus)

Simbok.. piye mbok

Yuli ada dimana-mana.. sregep tenan. Dingin-dingin panas dalam menyikapi permasalahan. Pinter.. banyak makan garam oraganisasi (ati-ati darah tinggi). Tau mau apa dengan organisasinya.Punya adik namanya wiwik. Pokoke cintalah pada mbak Yuli. Aku menaruh harapan ketika aku kembali mengabdi di karanganyar. Berharap bisa belajar banyak. (surat ini dibuat dengan pensil.. agar segalanya bisa berubah. POT)

Mbakyu maturnuwun ya…seneng lho…bisa punya sahabat sepertimu..JArang ada wanita tangguh sepertimu.. makasih buat pengalaman yang kamu berikan untuk aku. Saiki masalahe wis rampung tho…??? Matuenuwun ngrungokne critaku tapi aku juga minta maaf juga kadang buat kamu banyak pekerjaan yang seharusnya aku yang melakukan tapi malah kamu yang melakukan.

Sangat amat banyak terimakasih buat semua yang kami beri ke aku, buat repotnya gara-gara aku yang meminta tolong…

Eh.. iyo mba’ isih maneh maturnuwune kanggo

Yen aku ora mudeng aku mesti takok kowe. Yen aku bimbang aku crita karo kowe.akeh maneh mba’

Aku ya arep ajar ngisi materi, tapi ajari ya… isih rada wedi untuk berbicaa di depan umum.. aku ora bisa ngomonng yen uwong sing tak adhepi rada ora kenal karo aku. Aja kesel ya…ndampingi sahabat-sahabatmu.. (Agro… withlove)

YTc. Sahabatku. Temanku. Saudaraku.yulicempluk

Siiippp….!!!!(jempol 5 buatmu hehe.. hehee) yang jelas aku masih membutuhkanmu sahabat n aku nggak ingin ditinggalkan sendiri. Hanya ini yang bisa aku ungkapkan lewat kata. MAturnuwun Gusti. Maturnuwun Yuli (sahabatmu; antonius agung)

To: mbak yuli

Dear my friend

Lama juga aku tahu dirimu yang jelas semenjak aku SMP sudah lihat wujudmu. Jujur mba’ dulu aku gak suka lihat dirimu coz auramu angkuh/sombong but after mengenal dirimu juh dalam Mudika, wow…. You gokil dan temen yang good.

Walau dirimu senior, selalu bisa menganggap kita semua sama, tidak ada yang senior n junior. BAnyak yang ku petik dari semua pelajaran yang kau berikan. Dirimu selalu cuek, bisa ngomong di depan dengan lancar, itu semua amazing bagiku.

Sebagai teman tukar pikiran, dirimu cocok coz yang aku alami bahwa banyak pikiran, ide-ide yang great muncul dari dirimu. Bisa dibilang you itu pilihan untuk membina di karanganyat, walau you selalu traveling ke jogja dll. Semoga gak membuatmu Gee r ya

Btw on the way busway segaralah kelari…..sukses,, thank for evrythings. SAlam sayang untuk orang yang berada disekelilingmu. (with love.. Syalala)

To Yuli

Hehehe.. mumpung dapat kesempatan nich aku mau menyampaikan beberapa hal yang sifatnya penting… langsung wae ya…

+ ee.. udah dech. Untuk bagian ini gak usah diragukan lagi dari koor.. menyanyi, menyampaikan materi, ice breaking. Semuanya oke.. relasi…oke… untuk ukuran cewek.. musik oke juga//

nah ini yang ditunggu.. ini bukan semata-mata bicara tentang kekuranganmu ataupun kelemahanmu… tapi satu hal yang mungkin bisa menjadi bahan yuli memperindah diri

Yuli sering aku lihat dan beberapa cerita dari teman, kamu sering rancu dalam memisahkan urusan pribadi orang dengan urusan kerja. Itu terwujud lewat ngrumpi berlebihan. Memang banyak hal yang menurut kita memprihatinkan yang terjadi dan itu memang perlu disikapi. Tapi semua itu emang ada batasnya dan itu yang perlu yuli ingat kembali. Banyak hal yang bisa kita diskusikan tapi banyak hal pula yang ridak layak dibicarakan. Dan itu yang menjadi tantangan kita semua

Yuli sering tidak bisa mengambil langkah dalam situasi genting atu situasi yang perlu segera diselesaikan, akhirnya itu akan berpengaruh dalam dinamika yang terjadi di Mudika. Yuli tahu sendiri keberadaan Trio macan dalam mudika sangatlah kuat bahkan bisa dibilang kalian bertigalah yang bisa menentukan warna dalam kehidupan menggereja kita. Yul dari kalian bertiga kamulah yang paling banyak pengalaman dan mumpuni dalam teori so kamu bisa ikut ambil bagian mengarahkan jalannya perahu mudika.

Ok yul aku bersyukur bisa berdinamika bersama kamu dalam mudika. Banyak peristiwa sedih.. lucu..pahit..gembira.. manis yang telah kita lewati bersama… tragedy SMA bharata..suksesnya di Giriwoyo…. (1 bagian dari surat ini telah hilang entah kemana… so gak bisa ditulis dech…) (woko)

Sahabatku Yuli

Tak ada ungkapan lain yang bisa aku katakana selain terimaksih dan syukur karena aku boleh berproses dan menjadi sahabatmu. JAdilah air di tengah padang gurun, pengharapan bagi semua orang. Tuhan selalu ada bersama kita. Ingat kita dipanggil (Dito)

Buat saya cintai

Mbak yuli

PAgi mbak… q Cuma mau bilang ke mbak yuli makasi banget atas semua pendampingan dan semuailmu tentang arti kehidupan yang mbak yuli ajarkan.Itu semua aku akan berusaha untuk menerapkannya walau mungkun susah q berharap mbak yuli masih mau mengajariki (hehe..he… lemot ya???) oh ya.. tetep jadi orang yang sumeleh. Thanks ya mbak 4 everythings! (the youngest; Asep)

No comments: